Refleksi : 2 Dollars

            Dia mendekati aku
            Bertanya apakah aku punya 2 dolar
            Aku terkejut
            Mulutku tertutup
            Bahkan mataku tak sanggup menatapnya

            Jantungku berdegup semakin kencang
            Aku hanya menggelengkan kepala
            Dari gerakan itu
            Ia mengerti jawabanku
            Ia meninggalkanku
            Dan mencoba mendapatkan 2 dolar dari orang lain

            Kulihat dia
            Kira-kira 25 tahun lebih
            Penampilan berantakan, tidak bercukur, agak kotor
            dan sepertinya sedang bingung
            Ia tidak mendapatkan sekeping 2 dolar pun dari setiap penumpang yang

            ada di
            gerbong ini
            Maka ia mencoba ke gerbong lain

            Hatiku sesak
            Sesungguhnya aku ingin menghampiri dia
            Dan memberikan 2 dolar yang ia cari
            Mungkin ia benar-benar membutuhkan uang itu
            Mungkin ia bukan orang jahat
            Mungkin ia
            Mungkin ia
            Mungkin ia
            Begitu banyak kemungkinan

            Bagaimana kalau orang itu adalah Tuhan?
            Pernahkah terlintas di benak anda
            Kalau Tuhan menjelma menjadi salah seorang seperti pria tadi
            "Ketika aku lapar, kau tidak memberiku makan"
            Bagaimana ketika pada saat kita bertemu denganNya
            ia bertanya
            "Ketika aku memerlukan 2 dolar, kau tidak memberikan"
            Apa reaksi kita?

            Apa susahnya sih memberikan 2 dolar pada orang itu?
            Uang di kantongku bahkan lebih dari itu
            2 dolar tidak begitu berarti
            Beli sepiring nasi saja tidak cukup

            Aku menyadari bahwa
            Rasa takut lah yang membentengi aku untuk berbuat kasih!!!!
            Hatiku memang pernah dilukai
            Dan membekas sampai sekarang

            Handphoneku pernah diambil oleh seseorang
            Tadinya ia berniat meminjam
            Dan aku dengan polos meminjamkannya
            Ternyata, ia mengkhianatiku
            Ia membawa lari handphoneku
            Aku sedih
            Aku kecewa
            Aku memarahi diriku yang terlalu polos
            Yang terlalu mudah percaya orang
            Sehingga kebaikanku disalahgunakan
            Sejak saat itu
            Aku menutup diriku
            Aku hidup dalam ketakutan
            Setiap bertemu orang asing
            Aku diliputi rasa takut yang luar biasa

            Kejadian itu membekas
            Mengakibatkan aku sempat berpikir
            untuk tidak berbuat baik lagi dengan orang asing
            Tapi setelah beberapa saat
            Pikiran itu berubah
            Aku pikir aku tidak adil
            Hanya karena orang itu aku menjadi dingin?
            Aku sebenarnya tidak mau takut
            Tapi rasa itu tetap ada
            walaupun rasa takut itu semakin mengecil
            tetapi tetap ada !!
            Tuhan, tolong aku untuk menghancurkan tembok ketakutan ini
            Sehingga aku bisa berbuat kasih

            Apalah arti kotbah tentang kasih
            kalau kita tidak mempraktekkannya?
            Aku ingin
            Mungkin aku masih belum bisa saat ini
            Tapi aku terus berdoa
            Suatu saat nanti
            Aku akan terbebas
            dan aku akan berbuat kasih
            Kalau aku disakiti lagi,
            biarlah.. dibalik rasa sakit itu ada rencanaNya
            Aku yakin Ia akan melindungiku

            Sampai saat ini
            aku masih menangis
            ketika aku melihat orang-orang yang membutuhkan
            tetapi aku tidak dapat melakukan sesuatu untuk mereka
            aku masih menangis
            karena rasa takut itu masih ada padaku
            aku masih menangis
            karena aku tidak dapat memberikan sebagian apa yang ada padaku untuk

            mereka
            aku masih menangis
            karena aku tidak dapat memberi tau mereka bahwa Tuhan menyayangi
            mereka
            !!!!

            Tahukah saudara, kata-kata apa yang ingin saya ucapkan
            ketika suatu saat nanti saya berani memberikan uang 2 dolar?
            "God Bless you.."

            Sejak saat itu
            setiap saya melihat kepingan 2 dolar
            saya langsung teringat akan hal ini

            Suatu saat nanti
            saya ingin membagikan 2 dolar saya
            kepada orang-orang yang membutuhkan
            Saya sudah membayangkan,
            perasaan saya ketika saya berhasil memberikannya
            akan lebih bahagia daripada saat saya memberikan kolekte
            karena saya bisa melihat ekspresi mereka
            ketika uang 2 dolar ada di tangan mereka
            dan saya berharap mereka bisa melihat Tuhan dalam diri saya sendiri
            dan saya juga berharap
            agar saya bisa melihat Tuhan dalam diri mereka

            Doakan saya supaya saya dapat segera melakukannya
            Saya berharap kalian bisa berbuat apa yang belum bisa saya lakukan
            They need us..